Mengenal Kelebihan dan Kekurangan Batako

Di Indonesia sendiri umumnya sebagian besar masyarakat membangun rumah dengan menggunakan material dari batu bata merah untuk menghasilkan dinding rumah yang berkualitas. Namun, seiring perkembangan zaman yang semakin pesat kini penggunaan material batako sudah sering kita lihat sebagai bahan untuk membuat dinding rumah khususnya pada lingkungan perumahan. Tentunya ada banyak alasan mengapa banyak orang memilih material tersebut dibandingkan dengan batu bata atau sejenisnya. Beberapa orang menyebutkan bahwa penggunaan material tersebut lebih menguntungkan mulai dari waktu pemasangan yang cenderung lebih cepat hingga sampai kemudahan untuk melakukan pembongkaran kembali. Tentunya masih ada banyak kelebihan jika dibandingkan dengan batu bata merah yang pada sebelumnya seakan-akan menjadi pilihan utama pada saat akan membangun rumah. Lalu apa sajakah kelebihan tersebut? Bagi yang penasaran dan ingin tahu lebih bisa menyimak ulasan berikut ini.

Diketahui bahwa batako ini terbuat dari campuran semen, pasir kasar, dan juga air yang dicetak dengan ukuran yang lebih besar jika dibandingkan dengan batu bata merah sehingga material yang satu ini memiliki nilai efisiensi pada segi instalasinya. Harga dari bata bata jenis ini cukup terjangkau yakni sekitar dua ribu rupiah saja tiap satuannya. Sekarang ini banyak orang yang beralih dari batu bata karena menganggap bahwa material bangunan dari semen dan pasir ini lebih praktis dan lebih kokoh untuk membangun rumah. Umumnya ukuran dari batu bata jenis ini memiliki dimensi 40x20x10 cm kubik. Akan tetapi ada versi ukuran lainnya dan yang jelas memiliki ukuran yang lebih besar jika dibandingkan dengan batu bata. Berikut ini akan dijelaskan mengenai kelebihan maupun kekurangan dari penggunaan batako untuk membangun suatu bangunan. Untuk kelebihannya antara lain seperti:

  1. Ukurannya yang lebih besar daripada batu bata merah sehingga jumlah yang dibutuhkan akan lebih sedikit dan dapat menghemat biaya pembangunan.
  2. Ukurannya yang besar ini tentu akan mempermudah sekaligus mempercepat waktu pemasangannya.
  3. Upah untuk membayar tenaga kerja pastinya akan lebih murah.
  4. Dalam proses pemasangannya ini akan tampak rapi dan yang pasti bisa langsung diaci sehingga tak memerlukan diplester terlebih dahulu atau cukup tipis saja.
  5. Bagian tengah batako yang berlobang ini digunakan sebagai isolasi udara.
  6. Lebih kedap air daripada batu bata merah.
  7. Dapat dibuat dan dicetak sendiri dengan mudah dan tak perlu waktu lama.
  8. Waktu pembongkaran kembali akan lebih cepat.
  9. Dapat dengan mudah didapat karena sudah banyak tersedia di toko bangunan.

Di samping kelebihan yang sudah disebutkan di atas tadi, ternyata ada beberapa kekurangan dari penggunaan batako antara lain seperti dinding yang akan mudah retak apa bila menggunakan bata dengan kualitas yang tak bagus. Selain itu, batu bata jenis ini kurang baik untuk dapat meredam suara bising serta bobotnya yang cenderung berat sehingga kurang disarankan untuk pembangunan gedung dengan tingkat tinggi dan disarankan untuk lebih menggunakan batu bata ringan atau hebel selcon putih yang lebih ringan. Nah, dari ulasan di atas dapat kita ketahui kelebihan maupun kekurangan dari batu bata jenis ini dibandingkan dengan batu bata merah. Sebelum memutuskan untuk menggunakan material bangunan tersebut alangkah lebih baik untuk menyesuaikan dengan konsep bangunan yang akan dibangun nantinya. Dengan begitu, pengguna bangunan akan merasa nyaman dan aman tinggal dalam bangunan yang sudah selesai dibangun dengan menggunakan jenis batu batu tersebut.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s