Tiga Jenis Batu Bata Utama dengan Kualitas Prima

Tentunya Anda sudah tak asing lagi dengan bahan bangunan yang hampir digunakan oleh setiap orang untuk membangun rumah yakni batu bata. Ya, sebenarnya sudah sejak dulu batu bata ini sangat populer yang banyak digunakan untuk membuat struktur dinding, pagar, maupun elemen arsitektur lainnya. Harga dari batu bata ini memang sangat terjangkau dan cenderung murah serta memiliki sifat yang kuat sehingga menjadikan material ini menjadi pilihan utama untuk membangun maupun merenovasi rumah. Ternyata ada beberapa jenis batu bata yang dapat kita pilih sebelum membangun rumah. Sebelum memutuskan untuk dapat membeli batu bata tersebut maka alangkah lebih baiknya kita menyiapkan terlebih dahulu konsep rumah yang akan dibangun. Setelah itu, konsep rumah yang sudah siap ini dapat disesuaikan dengan jenis dari batu bata yang akan dipilih nantinya. Pada dasarnya ada tiga jenis batu bata yang banyak dijual di pasaran yakni batu bata merah, batu bata ringan atau disebut juga bata hebel, dan batako. Seperti yang telah kita ketahui bersama bahwa batu bata merupakan salah satu komponen yang lazimnya digunakan untuk membuat bangunan di Indonesia. Lebih dari setengah bagian rumah ini membutuhkan material tersebut mulai dari dinding hingga fondasinya. Oleh sebab itu, batu ini memang sangat penting karena dapat mempengaruhi kekokohan maupun kenyaman bangunan itu sendiri.

Berikut ini beberapa jenis batu bata yang dapat dipilih untuk membangunan rumah atau bangunan lainnya yang sesuai dengan konsep yang sudah ada, antara lain seperti:

  • Batu bata merah

Batu bata merah inilah yang paling banyak digunakan oleh masyarakat di Indonesia yang terbuat dari tanah liat. Umumnya cara pembuatan batu bata merah ini ada dua yakni yang dibuat di pabrik dan ada pula yang dibuat secara manual atau tradisional. Batu bata yang dihasilkan dari pabrik ini biasanya memiliki tekstur yang lebih rata, halus, dan rapi. Jika dibandingkan dengan jenis batu bata lainnya, batu bata merah ini memang memiliki harga yang relatif lebih murah.

  • Batu bata ringan atau batu bata hebel

Akhir-akhir ini bata bata ringan semakin banyak diminati oleh masyarakat khususnya para pengembang perumahan dalam pembuatan konstruksi bangunannya. Batu bata ringan ini memiliki kemampuan anti air yang cukup baik. Namun, sayangnya batu bata ringan ini cukup mahal apa bila dibandingkan dengan batu bata merah biasa. Batu bata hebel ini sangat cocok digunakan untuk bangunan tinggi seperti apartemen maupun ruko tetapi juga baik digunakan untuk bangunan rumah.

  • Batako

Batako ini terbuat dari campuran semen dan juga pasir kasar. Apabila dibandingkan dengan batu bata merah dan batu bata hebel, batako diketahui memiliki ukuran yang cenderung lebih besar. Salah satu kelebihan dari batako ini adalah adanya rongga di bagian tengah batako dan sifatnya yang kedap air sehingga cocok digunakan untuk membangun dinding bagian luar rumah.

Nah, setelah mengetahui beberapa jenis batu bata yang sudah dijelaskan di atas ini kita dapat mengetahui batu bata mana yang cocok untuk bangunan yang akan dibangun. Sebelumnya kita harus memperoleh batu bata dengan kualitas yang baik dengan cara melakukan pengecekan. Batu bata yang baik akan memiliki suara yang nyaring dan khas saat diketok serta pori-porinya padat. Dapat pula dengan cara merendam batu bata dalam air selama 24 jam di mana batu bata yang baik tak akan menyerap lebih dari sepersepuluh dari jumlah air.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s